MEDAN

Nasehat...

.“(Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas? Tidak ada yang dapat menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman. (An-Nahl:79") .“(menang dengan mengalah, itulah filsafat air dalam mengarungi kehidupan") .(Guru yang paling besar adalah pengalaman yang kita lewati dan rasakan sendiri) .(HIDUP INI MUDAH, BERSYUKURLAH AGAR LEBIH DIMUDAHKAN ALLAH SWT)

Bismillahirrahmanirrahim

"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas? Tidak ada yang dapat menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman. (An-Nahl:79)

Sabtu, 27 Februari 2016

BAN PESAWAT DAN KEPEMIMPINAN


“Ya, beban seorang pemimpin itu seperti ban atau roda pesawat. Praktis semua beban pada akhirnya seolah-olah ditumpukan kepadanya. Apalagi sedang ada masalah berat, ibarat seperti pesawat mau mendarat. Kalau tidak mampu, seperti ban pesawat, ya pecah meletus. Kalau ia pandai dan mampu, ya, akan mulus-mulus saja. Yang dipimpin juga akan marasa nyaman, senyaman kala kita ketika mendarat dengan mulus karena pilotnya begitu handal,” 
***                                     
Hari itu mereka bertiga; Rubi, Herma dan Kinung hendak pergi keluar kota. Rencananya mau meng ajak keluarga, namun karena anak-anak ujian, terpaksa mereka berbagi tugas dengan istri dan suami masing-masing. Apalagi mereka pergi cukup lama, 3-4 hari, memenuhi undangan salah satu sahabat baik mereka, Mitha yang mau mantu, menikahkan anak pertamanya.
Sambil menunggu naik pesawat, mereka duduk-duduk santai di longue, sambil  berbincang dan menyantap makanan kecil. Dari kaca pembatas, sesekali mereka bisa melihat pesawat yang takeoff maupun landing. Tiba-tiba Herma berkata, “Coba perhatikan, ban pesawat itu begitu kecil, jumlahnya pun cuma enam, dua di depan dan empat dibelakang. Tapi beban pesawat, penumpang dan bagasi yang begitu berat mampu ditahannya. Sungguh hebat ban pesawat itu!
“Itu tidak seberapa Ma, coba perhatikan kalau sedang mendarat, betapa besar beban dan gesekan yang terjadi. Itu bisa berlipat kali, dibanding dalam keadaan statis. Tapi ban itu kuat dan tidak pecah. Padahal ban truk-truk gandeng yang jumlahnya belasan, kerap kali harus diganti, hebat memang ban pesawat itu,” komentar Kinung menimpali.
“Ya kualitas bannya memang beda Nung, mungkin harganya juga berlipat-lipat,” Herma menyatakan pendapatnya.
“Betul. Juga kualitas aspal landasan beda dengan jalan raya kita yang amat banyak lubangnya disana sini. Belum lagi dikala musim hujan,”imbuh Kinung.
“Tapi aku kepikiran ucapanmu tadi, Nung. Ketika pesawat itu mendarat, kan bebannya jadi berlipat. Kok ban itu begitu kuatnya ya? Hebat benar kualitasnya,” kata Herma sambil menerawang ke atas pewasat yang sedang hilir mudik.
“Ya benar. Hebat,” jawab Kinung.
“Ada banyak factor penyebab,” kata Rubi yang selama ini diam saja. Pertama, benar seperti kata Herma, kualitas ban pesawat memang istimewa. Kedua, juga benar yang dikatakan Kinung, kualitas landasan pacu jauh lebih bagus ketimbang jalan raya. Ketiga keahlian dari si pilot itu sendiri ketika mendaratkan pesawatnya. Begitu terlatih, sehingga gesekan yang terjadi paling minimal. Akibatnya berat pesawat tidak serta merta terbebankan langsung ke bawah, namun diimbangi putaran ban yang bundar. Dengan kata lain, berat yang ada tersebar, terbagi oleh putaran roda. Faktor keempat, ya bentuk roda yang bundar itu, sehingga bisa berputar sempurna, membagi beban secara sempurna dan menetralisirnya.”
“Hebat. Betul analisa mu Rub,” kata Kinung.
 “Jadi intinya terbagi dan tersebar?!”, kata Herma setengah bertanya.
“Ya,” Jawab Rubi sambil sedikit menganggukkan kepalanya pelan-pelan.
“Terus..?”, kata Herma memancing Rubi seperti biasanya.
“Apa maknanya?”
“Maknanya, hahaha…, kamu ini senangnya mengkait-kaitkan”, jawab Rubi.
“Ayo ceritakan donk, apa yang tiba-tiba ada di kepalamu Rub. Aku kan hafal benar dengan kehebatan mu itu.”kata Herma setengah merajuk manja.
“Ayo Rub, mumpung masih ada waktu nih, kamu tak mungkin menghindar dari tebakan Herma,” desak Kinung.
“Terlintas di benakku kaitan antara ban pesawat dan kepemimpinan,” kata Rubi sungguh-sungguh.
“Wah-wah-wah, sampai sejauh itu Rub?,” kata Kinung.
“Ya, beban seorang pemimpin itu seperti ban atau roda pesawat. Praktis semua beban pada akhirnya seolah-olah ditumpukan kepadanya. Apalagi sedang ada masalah berat, ibarat seperti pesawat mau mendarat. Kalau tidak mampu seperti ban pesawat, ya pecah meletus. Kalau ia pandai dan mampu, ya, akan mulus-mulus saja. Yang dipimpin juga akan marasa nyaman, senyaman kala kita mendarat dengan mulus karena pilotnya begitu handal,” papar Rubi lancar seperti biasanya.
“Cek-cek-cek, Rubi, Rubi, itulah sebabnya aku begitu kagum, cinta, hormat, saying dan sebagainya dan sebagainya kepada mu. Jauh melewati rasa cinta seorang wanita kepada laki-laki,”puji Herma dengan mata berbinar-binar. “Hahaha, Rub, seandainya kamu dulu menyatakan cinta padanya, aku yakin akan diterima dengan tangan terbuka”, canda Kinung sambil tertawa. “Bahkan jika dilakkan sekarang pun, tetap akan diterima dengan suka cita,”sambung Kinung dengan tertawa nakal. “
Husssh, mungkin bisa begitu, tapi jangan terjadi ya Rub. Persahabatan kita jauh melebihi itu semua,”Herma berkata sungguh-sungguh.
Dengan tersenyum Rubi meneruskan penjelasannya, “Pemimpin yang baik bisa belajar dari ban pesawat itu. Ia harus bisa menahan beban dan membaginya, beban atau tanggungjawab seberat apapun akan terasa ringan bila dibagi. Dibagi dengan memberi delegasi wewenang dan tanggungjawab yang jelas, seperti pencapaian kinerja yang baik. Ibaratnya seperti beban pesawat yang terbagi oleh putaran ban yang sempurna dan laju pesawat itu sendiri. Bagaimana membaginya agar adil dan merata? Ya, seperti ban yang bulat sempurna. Adil! Namun kenapa bisa sempurna, karena roda atau bannya berputar. 
Nah putaran itu ibarat kerja, meski bundar kalau statis atau tidak berkinerja, ya berat dan tetap bisa meletus. Terus, seperti kata Kinung jalannya harus baik. Ibaratnya konstitusi kalau bicara Negara atau AD/ART kalau bicara organisasi, harus baik pula. Dan seperti Herma, kualitas ban alias kualitas sang pemimpin itu sendiri, amat sangat menentukan,” pungkas Rubi menutup uraiannya. (bertambah bijak setiap hari, Tuhan sudah pindah alamat?)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan sampaikan komentar anda di sini